Reframing, Rahasia Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

“Your life is as good as your mindset.” (Anonymous)

Pasca pandemi, banyak hal yang berubah, termasuk cara kita bekerja. Dengan adanya work from home (WFH) atau work from anywhere (WFA), meski fleksibel, tekanan pekerjaan dan deadline yang menumpuk sering kali memicu stres. Berdasarkan survei Mercer Marsh Benefit (MMB), dua dari lima karyawan di Indonesia mengalami stres akibat pekerjaan selama pandemi. Gangguan finansial dan ketidakpastian menjadi salah satu penyebab utama.

Survei dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) pada tahun 2020 juga menemukan bahwa 63% responden mengalami kecemasan dan 66% mengalami depresi. Ini menunjukkan bahwa pandemi memengaruhi kesehatan mental secara luas.

Apa Itu Stres dan Faktor Penyebabnya?

Stres adalah respons terhadap situasi yang dianggap mengancam, baik secara fisik maupun psikologis, yang melampaui kemampuan individu untuk mengatasi (Winarsunu, 2008). Beberapa gejala stres termasuk frustrasi, gelisah, dan rasa bersalah (Anoraga, 2006).

Terdapat tiga faktor utama penyebab stres kerja, menurut Cooper & Payne dalam Robbins (2001): faktor lingkungan, faktor organisasi, dan faktor individual. Faktor lingkungan mencakup perubahan besar seperti pandemi, sedangkan faktor organisasi terkait dengan struktur kerja dan peran individu. Stres juga dipengaruhi oleh karakteristik dan kapasitas personal masing-masing individu.

Mengatasi Stres dengan Berpikir Positif: Teknik Reframing

Berpikir positif sangat penting dalam menghadapi tantangan yang merugikan dan mengganggu. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengubah perspektif negatif menjadi positif adalah reframing. Teknik ini memungkinkan kita untuk membingkai ulang situasi yang sulit dengan sudut pandang yang lebih positif.

1. Meaning Reframing

Teknik ini melibatkan pemberian makna baru pada suatu peristiwa atau perilaku. Misalnya, ketika Anda merasa kecewa karena gagal dalam suatu proyek, Anda dapat menggunakan meaning reframing untuk melihat kegagalan tersebut sebagai kesempatan belajar dan perkembangan diri.

Contoh: Gagal mendapatkan promosi di tempat kerja bisa dimaknai sebagai peluang untuk memperbaiki keterampilan kepemimpinan dan strategi kerja, yang pada akhirnya akan membuka peluang lebih besar di masa depan.

2. Context Reframing

Dalam teknik ini, Anda melihat peristiwa buruk dengan perspektif waktu yang berbeda. Apa yang tampak negatif saat ini, mungkin akan terlihat lebih berguna di masa depan. Dengan membingkai ulang peristiwa tersebut dalam konteks waktu yang lebih luas, kita bisa melihatnya dengan cara yang lebih positif.

Contoh: Penundaan proyek besar mungkin terasa buruk saat ini, tetapi di masa depan, penundaan ini bisa memberi waktu untuk perbaikan dan hasil yang lebih baik.

Memulai Praktik Reframing

Mempraktikkan reframing mungkin terasa sulit di awal, terutama ketika Anda terbiasa merespons negatif terhadap situasi. Namun, dengan latihan, Anda akan mulai merasakan manfaatnya. Reframing tidak hanya membantu Anda mengelola emosi, tetapi juga membuka perspektif baru yang lebih positif dan konstruktif.



Referensi

Irkhami, F. L. 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Stres Kerja pada Penyelam di PT. X. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health.

Pertiwi, Tasya. 2020.Teknik Reframing: Solusi Untuk Mengubah Emosi dan Persepsi Negatif Kala Pandemi.

https://kumparan.com/tasyarahmani01/teknik-reframing-solusi-untuk-mengubah-emosi-dan-persepsi-negatif-kala-pandemi-1uqE92zk4DI

Kristi, Agata M. (2022). 5 Langkah Mudah Terapkan Reframing, Ubah Hal Negatif jadi Positif? . https://www.idntimes.com/life/inspiration/agata-melinda-kristi/langkah-mudah-terapkan-reframing-c1c2?page=all

http://belajar-hipnosis.blogspot.com/2013/05/reframing-mengubah-sudut-pandang.html

https://www.beritasatu.com/nasional/858995/survei-2-dari-5-karyawan-alami-stres-akibat-pekerjaan

https://amari.itb.ac.id/pandemi-bukan-hanya-tentang-sakit-fisik-serangan-mental-dari-pandemi-covid-19/

M. Virgiawan & Pratiwi. (...). PENERAPAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS X APK-2 SMKN 1 SURABAYA. BK FIP Universitas Negeri Surabaya.

Martin, A. D. 2017. Ubah Hidupmu dengan Reframing!. HR Excellency. https://www.hrexcellency.com/blog/nlp/ubah-hidupmu-dengan-reframing/

 

Share: